Nilam: Jodoh yang Dijemput

Novel Nilam: Jodoh yang Dijemput.



NILAM Cahaya, gadis Minang yang merantau ke ibukota Jakarta. Di usia muda, ia meraih karir yang bagus di sebuah perusahaan periklanan. Kehidupan ibukota dan pendidikan tinggi yang dienyamnya mengubah pandangan hidup Nilam. Termasuk soal jodoh. Baginya, karir dan kelimpahan materi yang paling utama. Bahwa perempuan itu harus hebat dengan kemandiriannya.
              
Kehidupan Nilam di rantau membuat risau sang ibu di kampung halaman. Apalagi, di usianya yang telah cukup menurut ukuran perempuan di kampung untuk berumah tangga, sang anak belum juga mendapatkan jodoh. Sang ibu memendam beban sosial dan budaya di kampung halaman.
              
Sang ibu akhirnya memaksa Nilam pulang ke kampung. Sang ibu mengiming-iming Nilam dengan pemberian warisan yang banyak. Karena iming-iming itu, Nilam akhirnya pulang. Untuk mendapatkan warisan, ia mesti memenuhi syarat sang ibu untuk membawa jodoh serta ke kampung halaman. Karena tergoda warisan, Nilam pun membuat bermacam skenario untuk membawa jodoh pura-pura. Ia membayar office boy di kantornya, hingga berpetualang dengan bekas kawan laki-lakinya di masa sekolah. Nilam harus bergegas dengan jodohnya karena waktu yang diberikan sang ibu cuma sebentar, selepas Lebaran Haji, hari yang dianggap paling baik untuk berjodoh, Nilam mesti mendapatkan jodohnya.
              
Perjalanan pulang dengan angkutan darat karena tak mendapatkan tiket pesawat sambil mencari jodoh memunculkan banyak peristiwa unik. Peristiwa yang lucu, miris, hingga mengharu-biru. Sampai akhirnya Nilam tiba di kampung halaman, ketika Lebaran Haji sudah usai, ia mesti memperlihatkan jodohnya kepada sang ibu. Apakah Nilam mendapatkan jodohnya, atau mendapatkan warisannya?
            
Novel Nilam: Jodoh yang Dijemput berbicara tentang dilema perempuan Minang dalam kultur matrilineal. Kultur yang menempatkan perempuan dalam posisi dilematasi. Novel ini tak hanya sebuah cerita, namun ia menjadi deskripsi tentang wajah Minangkabau dengan segala perubahan di dalamnya.*

Komentar

Postingan Populer